Home » TIPS DESAIN » Time Schedule » Bagaimana Cara Menyusun Time Schedule Model Kurva S?

Bagaimana Cara Menyusun Time Schedule Model Kurva S?

Thursday, January 12th 2012. | Time Schedule

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan pentingnya time schedule beserta fungsinya. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan kepada Anda apa saja yang harus Anda persiapkan dan langkah praktis dalam menyusun time schedule.

Sebagai contoh, Anda akan diajak menyusun time schedule proyek. Langkah pertama, siapkan data yang dibutuhkan. Meliputi gambar konstruksi lengkap dengan arsitekturnya, rencana anggaran, data lokasi proyek, sumber daya (material, kontraktor, peralatan, lokasi pengerjaan proyek dan situasinya, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan), item pekerjaan yang akan dilakukan, sarana transportasi yang dibutuhkan, metode kerja untuk masing-masing item pekerjaan, waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing item pekerjaan, data kapasitas produksi.

Langkah kedua, pembuatan time schedule. Ada beberapa jenis time schedule yang bisa Anda aplikasikan. Misalnya time schedule harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan, semua ini disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu ada pula time schedule yang berbentuk bar chart, kurva S, network planning. Bahkan seiring dengan kecanggihan teknologi, saat ini sudah ada software pembuat time schedule semisal MS Project.

Pada kesempatan ini kami akan mencontohkan time schedule berbentuk kurva S. Kurva S merupakan suatu kurva yang membandingkan antara rencana dengan realisasinya. Misalnya adalah sebagai berikut: