Home » TIPS DESAIN » Google Sketchup » Belajar Google Sketchup Bagian 1

Belajar Google Sketchup Bagian 1

Sunday, November 13th 2016. | Google Sketchup

Menanggapi respon dari artikel belajar Sketchup sebelumnya maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba kembali mengupas tentang belajar Google Sketchup lebih detail dan terperinci yang Insya Allah akan saya sajikan dalam beberapa bagian secara bertahap.
Pada kali ini saya akan membuat gambar rumah dari awal, biasanya saya membuat konsep menggunakan Autocad. Berikut ini adalah denah awal yang sudah saya buat pada program Autocad

denah-rumah

 

 

 

Setalah saya gambar ulang pada Sketchup menjadi :

denah-rumah-sketchup

Setelah denah selesai dibuat, ubahlah viewnya dari top ke perspektif dengan cara menekan scroll pada mouse. Hal ini untuk mempermudah dalam mengarahkan mouse ke arah vertical.

persepektif

Sekarang tinggal menentukan tinggi dinding, disini saya akan menggunakan tinggi 350 cm atau 3,5 meter. Caranya pada ketik perintah “P” (push/pull) arahkan mouse pada dinding yang akan dinaikan pada denah, klik, arahkan ke atas ketik 3500 (karena disini saya menggunakan satuan millimeter).

dinding

 

Setelah selesai seperti gambar diaatas, langkah selanjutnya adalah membuat openingan atau lubang pintu, sebagai contoh saya akan membuat pada pintu utama dengan ukuran 900mm x 2150 mm. caranya ketik perintah “L” (Line). Ukuran pintu adalah ukuran kusen bagian luar bukan ukuran daun pintu.

openingan

 

Selanjutnya tinggal membuat lubang, caranya ketik “P” (push/pull) klik pada area openingan pintu, arahkan mouse kearah dalam ruangan ketik 150 lalu enter. Ukuran 150 adalah ketebalan dinding.

openingan-1

 

Untuk openingan – openingan lainnya langkahnya sama, untuk jendela tentukan terlebih dahulu elevasi jendela yang akan dibuat openingan. Missal jendela elevasi 80 cm, ketik L klik di bidang yang akan dibuat openingan, masukan ukuran 800 lalu enter. Setelah itu tarik garis ke arah horizontal, selanjutnya tinggal membuat kotak openingan pada elevasi tersebut. Standartnya kusen jendela bagian atas sejajar dengan kusen pintu bagian atas. Pada penjelasan gambar dibawah ini terlihat tinggi pintu dan jendela terlihat sama, meskipun elevasi jendelanya berbeda – beda.

openingan-2

Sampai disini dulu artikel kali ini, untuk artikel bagian 2 nanti kita akan mengisi openingan – openingan yang tadi udah kita buat dengan daun jendela, kusen dan angin – angin.
Sekian, mohon maaf jika ada kesalahan… Selamat Mencoba…

Incoming search terms:

  • gambar desain rumah
  • detail tangga beton
  • talang beton
  • ukuran talang air
  • gambar pagar brc
  • gambar konstruksi talang tembok
  • denah atap
  • contoh pagar beton
  • sketsa pagar minimalis
  • Gambar sketsa denah pagar
tags: , ,

Related For Belajar Google Sketchup Bagian 1

Comment For Belajar Google Sketchup Bagian 1

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories


widgets
counter