Home » INTERIOR » Kamar Tidur Minimalis » Ciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman

Ciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman

Saturday, January 21st 2012. | Kamar Tidur Minimalis

Kenyamanan sebuah kamar tidur secara umum dipengaruhi oleh system sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup dan suhu ruangan. Memang besar dan kecilnya ukuran ruangan kamar tidur turut mempengaruhi “bagi orang-orang tertentu”, namun jika ketiga hal yang diuraikan sebelumnya sudah terpenuhi maka dijamin kamar tidur anda akan menjadi nyaman menurut anda.

Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kamar tidur terhindar dari situasi yang pengap. Untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik adalah dengan membuat jendela. Secara konvensional meletakkan posisi jendela agar tercipta sirkulasi udara adalah menempatkan jendela pada dinding yang saling berhadapan (1). Akan tetapi tidak semua kamar tidur bisa menerapkan teori ini. Hal ini bisa diakali dengan membuat ventilasi pada salah satu dindingnya (2).

 Ciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman

Pada kamar tidur yang memiliki pendingin udara (AC), sebaiknya membuat ventilasi udara di plafon kamar tidurnya atau exhaust fan lebih bagus. Kalaupun terpaksa, bukalah jendela lebar-lebar di pagi hari dan tutuplah kembali jika anda rasa udara di kamar tidur anda telah fresh kembali.

Untuk diketahui, kenapa kamar hotel terasa nyaman dan segar? Karena house keeping-nya selalu melakukan membuka pintu dan jendela lebar-lebar saat membersihkan kamar tidur tersebut.

Pencahayaan yang cukup, selain mengharapkan cahaya matahari langsung untuk membunuh kuman-kuman di dalam ruangan kamar tidur juga untuk menghemat energi. Karena dengan pencahayaan yang cukup kita tidak pelu menghidupkan lampu di siang hari untuk penerangan. Setidak-tidaknya anda telah ikut berpartisipasi dalam program hemat energi dunia.

Meletakkan jendela arah utara dan selatan adalah posisi yang baik untuk mendapatkan cahaya yang maksimal, karena anda bisa meletakan jendela yang besar tanpa harus khawatir akan silau. Nah… untuk jendela yang menghadap ke timur atau barat, anda harus menyiapkan tabir penghalang cahaya matahari jika intensitasnya menyilaukan anda.

Suhu ruangan, secara teori ilmu pengetahuan adalah berkisar antara 20° – 25° celcius. Walaupun nilai itu bukanlah suatu nilai yang ditentukan secara pasti. Namun demikian rentang suhu tersebut sudah cukup nyaman dirasakan manusia. Ada juga teori lain yang mengatakan bahwa suhu ruangan yang nyaman adalah kurang dari 5° suhu tubuh manusia. Jika suhu tubuh anda 27° celcius, maka angka 22° celcius ada suhu ruangan yang pas bagi anda.

Pada daerah yang bertempratur panas diatas 25° celcius, penggunaan AC adalah solusi terbaik untuk mewujudkan suhu ruangan yang nyaman. Sebaliknya pada daerah yang sejuk atau dingin dibawah 20° celcius penggunaan kipas angin sudah cukup, namun exhaust fan lebih baik agar sirkulasi udara juga menjadi optimal.

Incoming search terms:

  • ventilasi kamar tidur
  • exhaust fan untuk kamar tidur
  • sirkulasi udara kamar tidur
  • sirkulasi udara adalah
  • exhaust fan kamar tidur
  • ventilasi kamar tidur sehat
  • ventilasi kamar yang baik
  • ventilasi kamar yg baik
  • pengertian sirkulasi udara
  • sirkulasi udara mountfan



coded by nessus
tags:

Related For Ciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman

Comment For Ciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories

counter