Home » INTERIOR » Interior Rumah » Desain Interior Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Desain Interior Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Friday, June 22nd 2012. | Interior Rumah

Karena keterbatasan dana, lahan atau sekadar kesukaan saja untuk rumah kita tidak menjadi halangan memiliki rumah yang elegan, indah dan nyaman walau rumah kecil. Dengan bentuk rumah yang kecil, kita masih bisa menyiasati desain interior rumah kecil agar terlihat lebih luas dan tetap menarik. Nah, untuk menyiasati keterbatasan interior karena rumah kecil, salah satunya dengan mengurangi dinding pembatas supaya ruangan terasa lapang. Sebaliknya, kita bisa menggunakan partisi saja seperti rak buku, bufet ataupun sofa sebagai pembatas ruang yang satu dengan yang lainnya. Pada kamar mandi bisa diaplikasikan pembatas dinding yang permanen. Untuk memberikan kesan luas dan lapang pada ruangan, cermin besar pun bisa diaplikasikan seperti di ruang keluarga atau ruang makan.

Dalam hal pemilihan furnitur perhatikan ukuran furnitur tersebut yang akan dipajang dalam satu ruangan. Sebaiknya kita memilih furnitur dengan ukuran kecil dan simpel juga untuk mengimbangi desain interior rumah kecil. Begitu juga dengan pemilihan warna, pilihlah warna dinding ruangan yang cerah dan muda untuk memberikan kesan luas pada ruangan walau sebenarnya kecil.

Kemudian, hal yang harus diperhatikan oleh kita adalah fungsi ruangan. Setiap ruangan harus benar-benar difungsikan semaksimal mungkin agar menghemat tempat. Misalnya, ruang tamu bisa dibuat dari gabungan teras, taman depan dan cartport. Untuk ruang bagian dalam bisa digunakan sebagai ruang keluarga sekaligus ruang makan. Ruang makan bisa juga digabung dengan dapur dengan desain terbuka dengan teras belakang.

Kita pun dapat menghemat pemakaian listrik dengan desain interior rumah kecil karena ruang rumah yang hanya sedikit dan menyatu satu sama lain. Selain itu, dengan memastikan setiap ruangan bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup saat siang hari sampai sore hari, hal ini akan menghemat pemakaian listrik. Pastikan juga sirkulasi udara dengan bukaan jendela ataupun ventilasi.

Supaya desain interior rumah kecil tetap rapi, kita haruslah memaksimalkan tempat penyimpanan. Sebagai contoh, kolong tempat tidur pun bisa digunakan sebagai tempat / laci penyimpanan barang seperti bed cover, mainan anak-anak atau buku. Pilihlah credenza yang bisa menyimpang majalah. Meja makan dan meja tamu pun dapat dipilih dengan yang ada laci penyimpanannya. Selain itu, ruang di bawah tangga atau wastafel pun dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.

Beri Perhatian Pada Interior Ruang Tamu Rumah Kecil

Merupakan tantangan tersendiri bagi rumah kecil agar interior ruang tamunya tidak kelihatan sempit. Oleh karena itu, kita harus memberi perhatian khusus bagi ruang tamu karena ruangan ini yang pertama kali dilihat oleh tamu rumah kita. Bagaimana caranya agar tamu yang datang ke rumah kita bisa merasa nyaman dan tidak merasa sempit walau sebenarnya rumah kita sempit?

Adalah lazim ada sofa dalam ruang tamu. Namun, kita harus memerhatikan pemilihan sofa yakni memilih sofa berbahan kain yang justru akan menghabiskan ruang. Namun, kita bisa menggunakan sofa berbahan kain dengan warna cerah yang menyatu dengan dinding dan lantai. Kita pun tidak perlu menambahkan karpet kecuali jika warna karpet senada dengan lantai dan sofa. Meja tamu yang digunakan bisa berbahan kaca dan desain yang simpel, begitu juga dengan meja samping sebagai penambah nilai estetis ruang tamu. Untuk menambah aksen desain interior rumah kecil, sebuah lukisan berukuran besar bisa dipajang.

Kita harus ingat rumah kecil akan memaksa kita untuk bisa selektif memilih apa yang ada di dalamnya. Simpel, fungsional dengan pilihan warna ringan adalah pilihan tepat bagi desain interior rumah kecil.

Incoming search terms:

  • desain interior rumah mungil
  • desain interior rumah kecil
  • desain ruang keluarga kecil
  • desain rumah kecil agar terlihat luas
  • interior ruang keluarga sempit
  • Interior Rumah Kecil
  • sketsa rumah agar kelihatan luas
  • mendesain ruang agar terlihat luas
  • desain rumah dengan luas lahan kecil
  • design pembatas ruangan untuk rumah sempit



coded by nessus
tags: ,

Related For Desain Interior Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Comment For Desain Interior Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories

counter