Home » Metode Kerja » Tips Membangun Rumah » Menyiapkan Hunian Sehat Untuk Keluarga

Menyiapkan Hunian Sehat Untuk Keluarga

Wednesday, January 25th 2012. | Tips Membangun Rumah

Membangun sebuah rumah tinggal bukan hanya terpaku soal bentuk dan material bangunan yang digunakan saja, tetapi juga desain yang mendukung hidup sehat.
Salah satu konsep yang sangat penting dalam membangun rumah adalah rumah itu harus sehat! Di luar bentuk dan model yang lagi trend, mengejar kualitas kesehatan didalam rumah tempat tinggal adalah masalah paling dasar yang harus dipenuhi.
Rumah yang sehat adalah rumah yang desainnya mendukung kesehatan bagi penghuninya. Salah satu cirikhas dari rumah sehat adalah rumah tersebut cukup terbuka, fleksibel, dan mudah dalam perawatan. Material yang dipakai bebas dari bahan kimia berbahaya. Anak-anak dan orangtua dapat dengan mudah dan aman mengakses ke berbagai tempat di rumah itu.
Tentu saja masih ada sejumlah persyaratan lain. Beberapa hal yang praktis dipaparkan di sini, dan dapat dijadikan poin dalam perencanaan rumah Anda.
Pencahayaan Alami
Pencahayaan alami datang dari sinar matahari disiang hari. Cahaya matahari akan menerangi dan memberi kehangatan sudut didalam rumah. Dengan begitu akan mengurangi kelembapan ruang didalam rumah. Sinar matahari mampu membunuh 80% bakteri dan kuman yang berpotensi tumbuh.
Pasanglah bukaan berupa pintu, jendela, bouvelicht, ataupun lubang angin. Persentase bukaan dalam rumah idealnya adalah 10%-20% dari luas lantai ruangan.
Letak bukaan harus disesuaikan dengan ruangan yang membutuhkan cahaya alami. Selain itu, selaraskan dengan arah datangnya sinar supaya ia bisa masuk melalui bukaan yang kita persiapkan.
Sirkulasi Udara
Kelancaran sirkulasi udara didalam rumah membuat udara di dalam rumah lebih sejuk dan sehat. Udara mudah bertukar, keseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida selalu terjaga. Agar udara panas yang ada dibawah atap tidak mudah sampai pada tubuh kita, usahakan pemasangan plafond tidak terlalu rendah, biasanya minimal 2,7 m dari lantai rumah.
Anda juga dapat memasang rongga atau lubang di bawah atap. Ukurannya berkisar antara 10 cm s/d 20cm dengan panjang yang dapat disesuaikan dengan ukuran balok atap. Rongga ini berfungsi untuk membuat udara di bawah atap yang panas, mudah bertukar dengan udara baru yang lebih dingin.
Penyediaan Air Bersih
Kebutuhan air bersih didalam rumah tidak dapat dihindari lagi, karena setiap penghuni rumah pastilah setiap hari membutuhkan air bersih. Untuk memastikan kecukupan dalam penyediaan air bersih, sebuah rumah memerlukan tagki penyimpanan air. Jika sumber air bersih adalah dari sumur, maka aturlah jarak antara sumur dengan lubang septic tank agar bakteri choli dari septic tank tidak merembes ke dalam sumur sumber air bersih yang kita gunakan sehari-hari.
Saluran Air Limbah
Rumah yang sehat juga ditandai oleh drainage air limbah yang baik. Limbah bisa berasal dari dapur, kamar mandi, dll. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam system saluran air limbah didalam rumah.
•    Pasanganlah pipa sesuai dengan ukuran fungsinya. Untuk pipa dari WC dengan ukuran 4”, dan untuk saluran buangan air kotor dari toilet dan dapur cukup dengan ukuran 2”.
•    Untuk mengurangi resiko pipa mampet, minimalkan penggunakan Lbow pada pipa, hal tersebut agar air dapat mengalir dengan lebih lancar.
•    Usahakan kemiringan pipa dari sumber buangan ke roil kota adalah 70 derajat agar tidak ada genangan air didalam pipa.
•     Gunakan perangkap leher angsa untuk pipa bawah wastafel dan kitchen zink agar serangga dan bau tertahan.
•    Pasang bak control dengan rentang jarak 4m antara satu dengan yang lain.
•    Pisahkan Pipa saluran buangan air kotor dari WC dari pipa buangan yang lain. Dan salurkan pipa tersebut hanya ke septic tank.
Dinding dan Lantai yang Kering
Kelembapan udara didala ruangan harus kita hindari, karena hal tersebut akan menciptakan ruangan yang cenderung basah dan dapat menjadi sumber pengembangbiakan kuman penyakit. Hal tersebut bisa kita hindari dengan mengaplikasikan waterproofing pada lahan yang berpotensi bocor.
Pembuangan Sampah
Pastikan didalam lingkungan rumah sehat terdapat tempat sampah yang memenui syarat. Ukurannya harus mampu menampung volume sampah harian, tertutup, terdapat saluran air agar sampah tidak menampung banyak air dan memudahkan saat membersihkannya.
Sumur Resapan
Untuk poin yang terakhir ini sering diabaikan seseorang yang sedang membangun rumah, padahal pada poin ini tidak kalah pentingnya dengan poin-poin yang lain. Bayangkan saja jika lingkungan rumah kita diguyur hujan sebentar saja, tentu saja kemungkinan banjir itu pasti ada. Hal ini disebapkan karena air hujan tidak disediakan lahan untuk meresap ke dalam tanah.
Minimal dengan membuat lubang biopori, kita sudah sedikit berperan dalam mengatasi banjir.

Incoming search terms:

  • rumah idaman 2012
  • buangan udara septitank
  • cara pasang fleksibel air panas dingin wastafel
  • cara pasang leher angsa wastafel
  • dasar ukuran ruang untuk rumah sehat
  • leher angsa untuk pipa
  • lobang angin dapur
  • mencari pipa udara septic tank di lantai keramik
  • tips hunian sehat



coded by nessus
tags:

Related For Menyiapkan Hunian Sehat Untuk Keluarga

Comment For Menyiapkan Hunian Sehat Untuk Keluarga

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories


widgets
counter