Home » STRUKTUR » Pekerjaan Bouwplank » Pekerjaan Bouwplank dalam Pembangunan Rumah Tinggal

Pekerjaan Bouwplank dalam Pembangunan Rumah Tinggal

Monday, July 11th 2011. | Pekerjaan Bouwplank

Rumah tinggal adalah kebutuhan primer setiap manusia. Rumah tinggal selain berfungsi sebagai tempat berlindung, sekaligus akan mewadahi setiap aktifitas yang dijalankan penghuninya. Tidak salah jika kematangan konsep rumah perlu diperjelas sebelum Anda memutuskan untuk membangun sebuah rumah tinggal. Selanjutnya Anda juga perlu memahami item pekerjaan apa saja yang akan dilakukan untuk membangun sebuah rumah tinggal meskipun operasional pembangunan rumah tinggal bukan Anda sendiri yang mengerjakan. Hal ini untuk menghindari segala sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang telah Anda rencanakan.

Beberapa item pekerjaan yang harus dilalui untuk membangun sebuah rumah tinggal antara lain: persiapan galian dan urugan, pondasi dan beton bertulang, pasangan dinding dan plesteran, pekerjaan lantai dan dinding, pekerjaan plafon, pekerjaan kusen pintu dan jendela, pekerjaan atap, pekerjaan pintu dan jendela, pekerjaan sanitasi, pekerjaan instalasi air dan listrik, pengecatan, dan pembersihan lahan. Sebelum rumah impian Anda dikerjakan, berikut ini akan dijelaskan persiapan apa saja yang akan dilakukan.

Pekerjaan persiapan adalah tahap awal pembangunan rumah tinggal. Yakni dimulai dari persiapan lahan dengan membersihkannya dari pohon-pohon, semak-semak, serta segala sesuatu yang bisa mengganggu pekerjaan. Setelah hal tersebut selesai lalu diteruskan dengan pekerjaan bouwplank, yang meliputi tahap pengukuran dan pemasangan. Bouwplank merupakan papan kayu yang berfungsi untuk membatasi lahan pekerjaan dan dipasang mengukuti bentuk lahan yang dibangun. Jaraknya kurang lebih satu meter dari galian pondasi.

Pekerjaan bouwplank dimaksudkan untuk menempatkan titik-titik as bangunan berdasarkan denah bangunan. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan arah pondasi sekaligus sebagai dasar dalam menentukan ukuran tinggi lantai dalam rumah dengan permukaan jalan. Agar bentuk bangunan sesuai dengan apa yang direncanakan, pekerjaan bouwplank harus memenuhi beberapa persyaratan berikut: (1) kedudukan bouwplank harus kuat dan tidak mudah goyah; (2) Jaraknya cukup dari tempat galian (sekitar satu meter) sehingga tidak goyang saat pondasi mulai digali; (3) Papan bouwplank harus bisa diberi tanda yang jelas misal dengan spidol ataupun cat sehingga bisa digunakan untuk menentukan posisi pemasangan paku pengikat benang; (4) Sisi atas bouwplank harus satu bidang dengan bouwplank yang lain. Agar bidang atas bisa membentuk garis datar maka bouwplank hendaknya diketam terlebih dulu ; (5) Kedudukan bouwplank harus seragam (menghadap ke dalam bangunan). (6) Garis benang pada bouwplank selanjutnya digunakan sebagai as (garis tengah) dari pemasangan pondasi maupun dinding bata.

Pekerjaan bouwplank tersebut menyesuaikan besarnya ruang bangunan. Untuk bangunan yang besar dan memiliki banyak ruang, bouwplank dipasang mengelilingi seluruh area calon bangunan. Adapun pada bangunan yang kecil, bouwplank cukup ditempatkan di lokasi sudut atau pertemuan bangunan. Dengan demikian sudut pertemuan bouwplank harus benar-benar membentuk segi tiga siku-siku karena ini sebagai acuan kesikuan dari pertemuan antar dinding.

Incoming search terms:

  • bouwplank
  • pengertian bouwplank
  • pengertian bowplank
  • cara pemasangan bowplank
  • bowplank adalah
  • pekerjaan bouwplank
  • cara memasang bouwplank
  • pekerjaan bowplank
  • cara pemasangan bouwplank
  • arti bouwplank
tags: ,

Related For Pekerjaan Bouwplank dalam Pembangunan Rumah Tinggal

Comment For Pekerjaan Bouwplank dalam Pembangunan Rumah Tinggal

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories


widgets
counter