Home » STRUKTUR » Pondasi Batu Kali » Pondasi Batu Kali

Pondasi Batu Kali

Wednesday, July 13th 2011. | Pondasi Batu Kali

batu kali Pondasi Batu KaliPondasi merupakan elemen penting dalam pembangunan sebuah bangunan. Sebab kuat atau lemahnya suatu bangunan sangat ditentukan oleh kekokohan dari konstruksi pondasinya. Keberadaan pondasi berfungsi sebagai landasan dari bangunan di atasnya sekaligus akan menjamin mantabnya kedudukan suatu bangunan. Dengan demikian keberadaan pondasi harus bersifat statis. Artinya, tidak boleh mengalami pergeseran, baik secara vertikal maupun horizontal. Pengetahuan dasar mengenai konsep pondasi akan membantu Anda agar mengetahui praktik pembuatan pondasi yang benar.

Pondasi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini: (1) Memiliki konstruksi yang kuat dan kokoh sehingga tidak mudah mengalami pergeseran; (2) Mampu menyesuaikan diri terhadap terjadinya gerakan tanah seperti tanah yang labil, tanah mengembang, tanah menyusut, kegiatan pertambangan, efek gempa bumi; (3) Mampu menahan pengaruh unsur kimiawi dalam tanah, baik yang organik maupun non organik; (4) Mampu menahan tekanan air.

Untuk bangunan rumah tinggal berlantai satu biasanya menggunakan pondasi batu kali. Pondasi jenis ini sangat baik karena jika batu kali tersebut ditanam di dalam tanah maka kualitasnya tidak berubah. Pondasi batu kali biasanya berbentuk trapesium dengan lebar bagian atasnya minimal 25 cm. Ukuran ini sengaja tidak disamakan dengan ukuran lebarnya dinding karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi ketepatan dalam pemasangan pondasi. Ketidaktepatan dalam pemasangan pondasi akan merubah fungsi pondasi itu sendiri. Adapun ukuran lebar bagian bawah biasanya disesuaikan dengan berat beban di atasnya. Tetapi standar umum yang dipakai biasanya berkisar antara 70-80 cm.

Untuk membuat pondasi batu kali, ukuran batu yang digunakan biasanya sekitar 25 cm. dengan demikian batu kali harus dipecah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pemasangannya sehingga hasilnya lebih rapi sekaligus kokoh.

Pada bagian dasar dari konstruksi pondasi batu kali merupakan lapisan pasir setebal 5-10 cm yang berfungsi untuk meratakan tanah dasar. Setelah itu baru batu kali dipasang dengan posisi berdiri. Di antara celah batu tersebut diisi pasir sampai padat sehingga mampu mendukung beban yang berada di atasnya. Susunan model seperti ini sekaligus berfungsi sebagai drainase sehingga bisa mengeringkan air tanah yang berada di sekitarnya. Untuk menjaga agar pondasi batu kali tidak cepat rusak ataupun basah terkena air tanah maka badan pondasi diplester kasar yang tebalnya sekitar 1,5 cm.

Incoming search terms:

  • pondasi batu kali
  • pengertian pondasi batu kali
  • pondasi
  • pengertian batu kali
  • keuntungan pondasi batu kali
  • kelebihan pondasi batu kali
  • cara pemasANGAN pondasi batu kali
  • batu kali
  • artikel pondasi batu kali
  • ukuran pondasi batu kali
tags:

Related For Pondasi Batu Kali

Comment For Pondasi Batu Kali

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories

counter