Home » SYSTEM » Sirkulasi Udara » Tips Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang Baik

Tips Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang Baik

Monday, October 3rd 2011. | Sirkulasi Udara

ventilasi Tips Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang BaikRumah tinggal yang baik tidak sekedar dilihat dari aspek estetikanya belaka. Namun rumah tinggal juga harus mampu memberikan kenyamanan bagi para penghuninya serta memenuhi standar kesehatan. Konsep inilah yang hendaknya diaplikasikan ketika Anda hendak membangun sebuah rumah tinggal.

Aspek kenyamanan dan kesehatan sebuah rumah tinggal memang hal penting yang tidak boleh diabaikan. Sebab bila kedua aspek ini tidak mampu diwujudkan, sebagus dan seindah apapun rumah Anda maka tidak akan memberikan arti apa-apa. Karena para penghuninya merasa tidak betah tinggal di dalamnya. Apalagi jika rumah tersebut juga tidak memenuhi standar kesehatan. Maka para penghuninya kemungkinan besar mudah terkena penyakit. Bayangkan jika rumah tinggal yang tidak memenuhi standar kesehatan itu dihuni pula oleh anak-anak. Resikonya, mereka rentan terkena penyakit. Akibatnya, proses tumbuh kembangnya pun akan mengalami gangguan.

Agar rumah Anda mampu memberikan kenyamanan dan memenuhi standar kesehatan, satu hal penting yang harus Anda wujudkan adalah dengan menciptakan sirkulasi udara rumah yang baik. Resiko memiliki rumah tinggal di daerah tropis adalah udaranya yang panas. Hawa yang panas sebenarnya bisa diminimalisasi dengan menggunakan Air Conditioner (AC). Namun demikian hal ini juga bukan solusi tuntas. Karena penggunaan AC hanya menimbulkan hawa sejuk namun tidak mampu menciptakan pertukaran udara. Selain itu, penggunaan AC yang berlebihan untuk semua ruangan juga merupakan pemborosan. Anda dituntut menyediakan anggaran lebih untuk kebutuhan listriknya. Agar bisa menghemat pemakaian energi namun tetap mampu menciptakan suasana rumah yang sejuk dan nyaman, Anda bisa menerapkan sistim pengaturan sirkulasi udara rumah yang alami dengan sistim ventilasi silang. Pada sistem ventilasi ini, udara bisa mengalir dari satu ventilasi ke ventilasi lainnya dan begitu pula sebaliknya. Walhasil, udara tidak terjebak di dalam rumah dan hawa panas bisa diminimalisasi.

Alternatif lain yang bisa menggantikan sistem ventilasi silang adalah mendirikan taman di dalam rumah yang dilengkapi dengan void. Atau bisa pula dengan menambahkan exhaust fan pada ruangan tertentu semisal dapur, kamar mandi, dan gudang.

Incoming search terms:

  • ventilasi udara
  • ventilasi rumah yang baik
  • ventilasi udara rumah
  • desain ventilasi rumah
  • denah rumah sehat
  • ventilasi rumah
  • ventilasi udara rumah minimalis
  • ventilasi udara yang baik
  • ventilasi rumah sehat
  • desain ventilasi udara



coded by nessus
tags: ,

Related For Tips Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang Baik

Comment For Tips Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang Baik

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories


widgets
counter