Home » Metode Kerja » Tips Membangun Rumah » Tips Mendesain Tangga Minimalis

Tips Mendesain Tangga Minimalis

Saturday, October 1st 2011. | Tips Membangun Rumah

Keterbatasan lahan memang menjadikan tantangan tersendiri dalam menyiapkan desain rumah yang unik dan terkesan luas, termasuk dalam menyiapkan desain interior maupun eksterior rumah. Kondisi inilah yang mendorong banyak orang untuk mendirikan rumah bergaya minimalis. Hanya saja, rumah minimmalis dengan satu lantai sering kali dirasa kurang mampu mengakomodasi kebutuhan penghuninya bila penghuni rumah adalah sebuah keluarga besar. Hal inilah yang mendorong banyak orang akhirnya mendirikan rumah dengan dua lantai.

Salah satu tantangan yang muncul ketika Anda mendirikan rumah minimalis dengan dua lantai adalah menyiapkan desain tangganya. Karena bagaimana pun juga keterbatasan tempat membuat seseorang harus berpikir ulang untuk penempatan tangga tersebut. Termasuk juga menyiapkan desain tangga minimalis yang tepat bagi rumah Anda.

Agar desain tangga minimalis Anda memberikan kenyamanan serta keamanan bagi penggunanya, pertimbangkanlah hal-hal berikut ini:

Pertama, letak tangga. Pastikan letak tangga mudah dijangkau dan tidak mengganggu mobilitas penghuni rumah. Selain itu area di sekitar tangga juga harus mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Kedua, material tangga. Pilihlah material tangga yang tidak terbuat dari bahan yang licin. Oleh karena itu Anda bisa memadukan material kayu dengan beton. Adapun untuk pegangan tangga, Anda bisa menggunakan material dari kayu dipadukan dengan besi. Desain tangga minimalis biasanya menggunakan bahan keramik dop untuk menutup anak tangganya yang terbuat dari beton. Selain itu, bisa pula menggunakan keramik yang berwarna buram. Ada baiknya Anda memadukan keramik dengan kayu solid maupun olahan. Alternatif material kayu solid yang bisa Anda pilih adalah kayu jati, kayu kamper Samarinda atau kayu nyaktoh. Sedangkan kayu olahan, pilihlah yang kuat serta tahan gores. Untuk pegangan tangga, Anda bisa menggunakan material dari beton. Atau bisa  pula menggunakan perpaduan material dari baja atau stainless steal.

Ketiga, perhatikan bentuk dan ukuran tangga. Bentuk tangga yang bisa Anda pilih antara lain: spiral, leter I, L, atau U. Adapun ukuran standar anak tangga minimal memiliki lebar 90 cm, tinggi 18 cm dengan kedalaman 20 hingga 30 cm.

Incoming search terms:

  • desain tangga minimalis
  • tangga minimalis
  • ukuran tangga minimalis
  • tangga kayu minimalis
  • design tangga
  • design tangga minimalis
  • keramik untuk tangga minimalis
  • ukuran tangga
  • ukuran tangga rumah minimalis
  • ukuran standar tangga rumah



coded by nessus
tags: ,

Related For Tips Mendesain Tangga Minimalis

Comment For Tips Mendesain Tangga Minimalis

Mas Kardi

Prasetyo Andi Wahyudi

Temukan Kami Di Facebook

Categories


widgets
counter